"

Jumat, 15 Oktober 2010

RPP MATEMATIKA KELAS 4 SEMESTER 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

KELAS IV
SEMESTER 1


Mata Pelajaran : Matematika

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 1
Alokasi waktu : 2 x 35 menit


Standar Kompetensi :
Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

I. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung

II. Indikator : 1. Mengetahui jenis operasi hitung
2. Memberikan contoh sehari-hari yang berhubungan dengan operasi hitung
III. Tujuan Pembelajaran : 1. Mengetahui jenis operasi hitung
2. Memberikan contoh sehari-hari yang berhubungan dengan operasi hitung

IV. Materi Ajar : Operasi Hitung Bilangan

V. Metode Pembelajaran : Games, Tanya Jawab, dan Latihan

VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Memberikan games menarik untuk membangkitkan semangat belajar siswa.
Kegiatan Inti
1. Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat, diskusi, memberi contoh besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan positif dan negatif, serta menganalisis dan menyimpulkan jenis operasi hitung
2. Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
Kegiatan Akhir
Menyimpulkan materi dan memberikan tugas rumah untuk memantapkan pemahaman siswa.
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M. Khafid Suyati, Erlangga.
2. Buku lain yang relevan
3. Kegiatan keseharian yang relevan
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Isian





Contoh Instrumen
1. Sebutkan jenis-jenis operasi hitung
2. Sebutkan kegiatan sehari hari yang berhubungan dengan opesi hitung!
3. dst.

……………………,……….…………………2008
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….






































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 2
Alokasi waktu : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
I. Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
II. Indikator :
1. Melakukan penjumlahan dan perkalian dengan nol
2. Melakukan perkalian dengan satu
3. Melakukan perkalian dua angka dengan angka sebelas
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melakukan penjumlahan dan perkalian dengan nol
2. Melakukan perkalian dengan satu
3. Melakukan perkalian dua angka dengan angka sebelas
IV. Materi Ajar : Operasi Hitung Bilangan
V. Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, diskusi, latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
1. Mengingatkan kembali materi sebelumnya.
2. Melakukan permainan (games) mengenai bilangan bulat.
Kegiatan Inti
Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat melakukan:
1. penjumlahan dan perkalian dengan nol
2. perkalian dengan satu
3. perkalian dua angka dengan angka sebelas
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 B Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
4. Kegiatan sehari-hari yang relefan
5. Angka-angka
I. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Isian
Contoh Instrumen
1. 12 + 0 = ...
2. 56 x 0 = ...
3. 75 x 1 = ...
4. 1244 x 11 = ...
5. Coba kalian simpulkan:
Setiap angka ditambah dengan nol hasilnya ....
Setiap angka dikalikan dengan nol hasilnya ....

……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….








































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 3 - 5
Alokasi waktu : 5 x 35 menit

Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

I. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung
I. Indikator :
Melakukan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan
II. Tujuan Pembelajaran :
Melakukan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan
III. Materi Ajar : Operasi Hitung Bilangan
IV. Metode Pembelajaran : percobaan, diskusi, Tanya jawab, latihan
V. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
1. Apresepsi/ Motivasi
2. Mendengarkan ceritra lucu yang berkaitan dengan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan.
Kegiatan Inti
Melakukan percobaan, diskusi, tanya jawab dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat melakukan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 B Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
4. Ceritra menarik yang berhubungan dengan penjumlahan dan perkalian tiga bilangan berurutan
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Isian








Contoh Instrumen
1. 132 + 156 = ...
2. 212 x 8 = ...
3. 524 x 13 = ...
4. 245 x 234 = ...
5. dst.

……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….






































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 6 - 7
Alokasi waktu : 3 x 35 menit

Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

I. Kompetensi Dasar :
Mengidentifikasi sifat-sifat operasi hitung

II. Indikator :
Mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan

III. Tujuan Pembelajaran :
Mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan

IV. Materi Ajar : Operasi Hitung Bilangan
V. Metode Pembelajaran : Percobaan, tanya Jawab, diskusi, latihan

VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengingatkan kembali tentang konsep bilangan bulat dan contohnya.
Kegiatan Inti
Melakukan percobaan, diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat mengidentifikasi sifat penyebaran dalam perhitungan
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 A Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Isian







Contoh Instrumen
1. 6 x (4 + 5) = ... x ... + ... x ...
= ... + ...
= ...
2. dst


……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 8 - 9
Alokasi waktu : 3 x 35 menit


Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan
I. Kompetensi Dasar :
Mengurutkan bilangan
II. Indikator :
Menulis lambang bilangan sesuai dengan nilai tempat
III. Tujuan Pembelajaran :
Menulis lambang bilangan sesuai dengan nilai tempat
IV. Materi Ajar : Operasi Hitung Bilangan

V. Metode Pembelajaran : Percobaan, diskusi, ekspositori, dan latihan

VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengingatkan kembali tentang konsep bilangan bulat dan contohnya.
Kegiatan Inti
1. Melakukan percobaan dengan menggunakan garis bilangan, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menentukan besar bilangan
2. Diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 A Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
4. Garis bilangan

VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes

Bentuk
Isian dan uraian







Contoh Instrumen
1. Lengkapilah garis bilangan berikut!

... ... ... –3 -2 -1 0 1 2 3 4 5
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….







































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 10 - 11
Alokasi waktu : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
I. Kompetensi Dasar :
Mengurutkan bilangan
II. Indikator :
1. Membandingkan dua bilangan yang melibatkan nilai tempat
2. Mengurutkan nilai bilangan dari yang terkecil atau terbesar
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Membandingkan dua bilangan yang melibatkan nilai tempat
2. Mengurutkan nilai bilangan dari yang terkecil atau terbesar
IV. Materi Ajar : Mengurutkan bilangan
V. Metode Pembelajaran : Percobaan, tanya jawab, ekspositori, dan latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi
Memberikan motivasi dan semangat dengan permainan atau cerita pendek.
Kegiatan Inti
1. Melakukan percobaan dengan menggunakan media garis bilangan, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menentukan besar bilangan
2. Mendemonstrasikan lambang bilangan
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 A Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
4. Garis bilangan
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Isian

Contoh Instrumen

1. Bubuhkan tanda >, <, atau = pada soal di bawah !
1.425 ... 1.245
6.214 ... 6.124



2. Urutka angka berikut dari yang terkecil!
2.567, 2.657, 2.576, 5.276, dan 5.726

……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 12 - 13
Alokasi waktu : 3 x 35 menit

Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

I. Kompetensi Dasar :
Melakukan operasi perkalian dan pembagian
II. Indikator :
1. Mengalikan bilangan satu angka dengan dua angka
2. Mengalikan bilangan satu angka dengan tiga angka
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Mengalikan bilangan satu angka dengan dua angka
2. Mengalikan bilangan satu angka dengan tiga angka
IV. Materi Ajar : Operasi Hitung Bilangan
V. Metode Pembelajaran : Percobaan, tanya jawab, dan Latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengulang materi sebelumnya.
Kegiatan Inti
1. Melakukan percobaan dan observasi terhadap jumlah beberapa kelompok benda yang memiliki jumlah anggota yang sama banyak, analisis dan diskusi untuk dapat mengalikan bilangan satu angka dengan dua angka dan bilangan satu angka dengan tiga angka
2. Latihan dengan fasilitas soal
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 A Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
4. Benda-benda yang dapat dikelompokan dalam jumlah yang sama banyak
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Isian






Contoh Instrumen

1. 8 x 12 = n, n yang benar adalah ...
2. 7 x 236 = ...

……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 14
Alokasi waktu : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi :
Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
I. Kompetensi Dasar :
Melakukan operasi perkalian dan pembagian
II. Indikator :
1. Mengalikan bilangan sepuluh secara berulang
2. Mengalikan bilangan kelipatan sepuluh
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Mengalikan bilangan sepuluh secara berulang
2. Mengalikan bilangan kelipatan sepuluh
IV. Materi Ajar : Operasi Hitung Bilangan
V. Metode Pembelajaran : Demonstrasi, tanya jawab, dan latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengulang kembali materi sebelumnya dan membahas tugas rumah..
Kegiatan Inti
1. Mendemonstrasikan operasi perkalian dan pembagian dengan jari tangan untuk dapat mengalikan bilangan sepuluh secara berulang dan Mengalikan bilangan kelipatan sepuluh
2. Latihan dengan fasilitas soal
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 A Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
4. Garis bilangan
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Isian dan uraian







Contoh Instrumen
1. 10 x 10 = ...
2. 10 x 10 x 10 = ...
3. 1000 x 1000 = ...
4. dst.


……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 15 - 17
Alokasi waktu : 5 x 35 menit

Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
I. Kompetensi Dasar : Melakukan operasi perkalian dan pembagian
II. Indikator :
1. Mengalikan bilangan dua angka dengan bilangan dua angka
2. Mengalikan bilangan dua angka dengan bilangan tiga angka

III. Tujuan Pembelajaran :
1. Mengalikan bilangan dua angka dengan bilangan dua angka
2. Mengalikan bilangan dua angka dengan bilangan tiga angka
IV. Materi Ajar : Operasi hitung bilangan

V. Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab, Latihan

VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Memberikan permainan berhubungan dengan materi sebelumnya untuk mengingatkan siswa.

Kegiatan Inti
1. Mendemonstrasikan operasi perkalian dan pembagian dengan cara bersusun
2. Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 A Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Isian






Contoh Instrumen
1. 23 x 24 = n, n yang benar adalah ....
2. 148 x 286 = ....
3. dst.
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 18 - 20
Alokasi waktu : 5 x 35 menit


Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

I. Kompetensi Dasar : Melakukan operasi perkalian dan pembagian

II. Indikator :
1. Melakukan pembagian tanpa sisa
2. Melakukan pembagian bersisa

III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melakukan pembagian tanpa sisa
2. Melakukan pembagian bersisa

IV. Materi Ajar : Operasi hitung bilangan


V. Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab, Latihan

VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Membahas materi sebelumnya.
Kegiatan Inti
1. Mendemonstrasikan operasi perkalian dan pembagian dengan cara bersusun
2. Mendemonstrasikan operasi perkalian dan pembagian dengan jari tangan
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 A Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Isian




Contoh Instrumen
1. 1.384 : 173 = ....
2. = ....
3. 121 : 7 = ... sisa ...

……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 22 - 23
Alokasi waktu : 4 x 35 menit


Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

I. Kompetensi Dasar : Melakukan operasi perkalian dan pembagian

II. Indikator : Menyelesaikan soal ceritra

III. Tujuan Pembelajaran : Menyelesaikan soal ceritra

IV. Materi Ajar : Operasi hitung bilangan

V. Metode Pembelajaran : Tanya Jawab dan Latihan

VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Membahas tugas rumah.
Kegiatan Inti
Melakukan tanya jawab dan latihan dengan fasilitas soal-soal
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 B Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes

Bentuk
Isian









Contoh Instrumen
1. Ibu membeli 6 kantong jeruk setiap kantong terdiri dari 9 buah. Berapa jumlah jeruk yang dibeli ibu?
2. Dalam sebuah kandang ayam terdapat 3.072 ekor ayam. Jika terdapat peternak sebanyak 7 orang dan masing masing orang memelihara ayam yang sama banyak, berapa ayam yang dipelihara oleh masing-masing peternak?
3. dst.

……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….



























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 24 - 25
Alokasi waktu : 3 x 35 menit

Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

I. Kompetensi Dasar : Melakukan operasi hitung campuran
II. Indikator :
1. Menentukan aturan operasi hitung campuran
2. Menyelesaikan soal ceritra yang mengandung pengerjaan hitung campuran
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Menentukan aturan operasi hitung campuran
2. Menyelesaikan soal ceritra yang mengandung pengerjaan hitung campuran
IV. Materi Ajar : Operasi hitung bilangan
V. Metode Pembelajaran : Study kasus, Diskusi, pengamatan, dan Latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Memberikan games untuk membangkitkan semangat siswa.
Kegiatan Inti
1. Melakukan study kasus dengan menggunakan operasi hitung bilangan, pengamatan, analisis dan diskusi untuk dapat menentukan aturan operasi hitung campuran
2. Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 B Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama

VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes

Bentuk
Isian





Contoh Instrumen
1. 6 + 4 x 5 = ....
2. 24 x 17 + 42 = ....
3. 12 + 8 x 15 – 9 = ....
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 26
Alokasi waktu : 2 x 35 menit


Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah

I. Kompetensi Dasar : Melakukan penaksiran dan pembulatan

II. Indikator :
1. Melakukan pembulatan bilangan
2. Melakukan penaksiran operasi hitung

III. Tujuan Pembelajaran :
1. Melakukan pembulatan bilangan
2. Melakukan penaksiran operasi hitung

IV. Materi Ajar : Operasi hitung bilangan

V. Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Membahas tugas rumah bersama-sama.
Kegiatan Inti
1. Menginformasikan aturan pembulatan bilangan
2. Melakukan latihan dengan fasilitas soal-soal
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 B Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Uraian





Contoh Instrumen
1. 1. 534 bila dibulatkan ke puluhan terdekat adalah ....
2. 4.765 bila dibulatkan ke ribuan terdekat adalah ....
3. Berapakah hasil 17 x 25 bila ditaksir dalam puluhan terdekat?

……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 27
Alokasi waktu : 2 x 35 menit


Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan sifat-sifat operasi hitung bilangan dalam pemecahan masalah
I. Kompetensi Dasar : Memecahkan masalah yang melibatkan uang

II. Indikator :
1. Menuliskan nilai uang rupiah
2. Menaksir jumlah harga

III. Tujuan Pembelajaran :
1. Menuliskan nilai uang rupiah
2. Menaksir jumlah harga
IV. Materi Ajar : Operasi hitung bilangan

V. Metode Pembelajaran : Diskusi,Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengenal uang dengan berbagai macam nilai.
Kegiatan Inti
1. Melakukan oberservasi pada uang
2. Menuliskan nilai uang rupiah
3. Menaksir jumlah harga
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 B Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
4. Uang dalam berbagai nilai
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes

Bentuk
isian




Contoh Instrumen
1. Tuliskan dengan benar pecahan uang rupiah yang kamu ketahui!
2. Ibu membeli buku seharga Rp 54.250,00 serta membeli rak buku seharga Rp 728.450,00. Berapa taksiran uang yang dikeluarkan Ibu dalam ribuan?


……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 28
Alokasi waktu : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
I. Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan

II. Indikator :
1. Mendeskripsikan faktor suatu bilangan
2. Mendeskripsikan kelipatan suatu bilangan
3. Menyimpulkan perbedan factor dan kelipatan

III. Tujuan Pembelajaran :
1. Mendeskripsikan faktor suatu bilangan
2. Mendeskripsikan kelipatan suatu bilangan
3. Menyimpulkan perbedan factor dan kelipatan

IV. Materi Ajar : Faktor dan kelipatan

V. Metode Pembelajaran : Diskusi,Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Melakukan tanya jawab tentang pengukuran.
Kegiatan Inti
1. Melakukan percobaan dan observasi terhadap beberapa bilangan yang memiliki faktor dan kelipatan, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat mendeskripsikan konsep faktor dan kelipatan
2. Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 A Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
4. Bilangan
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes

Bentuk
Uraian

Contoh Instrumen
1. Apa yang dimaksud dengan faktor suatu bilangan, beri contohnya!
2. Apa yang dimaksud dengan kelipatan suatu bilangan, beri contohnya!
3. Apa perbedaan faktor dan kelipatan suatu bilangan?

……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 29 - 30
Alokasi waktu : 3 x 35 menit


Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
I. Kompetensi Dasar : Menentukan kelipatan dan faktor bilangan

II. Indikator :
1. Menentukan kelipatan suatu bilangan
2. Menentukan kelipatan persekutuan dua bilangan

III. Tujuan Pembelajaran :
1. Menentukan kelipatan suatu bilangan
2. Menentukan kelipatan persekutuan dua bilangan
IV. Materi Ajar : Kelipatan persekutuan

V. Metode Pembelajaran : Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengulang materi sebelumnya dan membahas tugas rumah.
Kegiatan Inti
1. Melakukan percobaan dengan menggunakan media balok dan kubus mainan, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menentukan kelipatan dan faktor suatu bilangan
2. Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat menentukan kelipatan dan faktor persekutuan dua bilangan
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 A Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
4. Balok dan kubus mainan
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
isian



Contoh Instrumen
1. Tuliskan kelipatan dari 12, dan 18!
2. Cari kelipatan persekutuan dari 18 dan 42!

……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 31
Alokasi waktu : 2 x 35 menit


Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
I. Kompetensi Dasar : Menentukan kelipatan dan faktor bilangan

II. Indikator :
1. Mengenal bilangan yang habis dibagi 2, 3, dan 5
2. Menentukan faktor dari suatu bilangan
3. Menentukan faktor persekutuan dua bilangan
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Mengenal bilangan yang habis dibagi 2, 3, dan 5
2. Menentukan faktor dari suatu bilangan
3. Menentukan faktor persekutuan dua bilangan
IV. Materi Ajar : Faktor persekutuan

V. Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Membahas tugas rumah.
Kegiatan Inti
1. Mendemonstrasikan ciri-ciri bilangan yang habis dibagi 2, 3 dan 5
2. Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal untuk dapat menentukan kelipatan dan faktor persekutuan dua bilangan
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 A Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama

VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
isian



Contoh Instrumen
1. Tuliskan ciri-ciri bilangan yang habis dibagi 2, 3 dan 5
2. Tuliskan faktor dari bilangan 32 dan 48
3. Berapakah faktor persekutuan dari 18 dan 60?

……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 32 - 33
Alokasi waktu : 3 x 35 menit

Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
I. Kompetensi Dasar : Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
II. Indikator :
1. Mencari faktor prima suatu bilangan dengan menggunakan tabel
2. Mencari faktor prima suatu bilangan dengan menggunakan pohon faktor

III. Tujuan Pembelajaran :
1. Mencari faktor prima suatu bilangan dengan menggunakan tabel
2. Mencari faktor prima suatu bilangan dengan menggunakan pohon faktor

IV. Materi Ajar : FPB dan KPK

V. Metode Pembelajaran : Percobaan, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang KPK dan FPB.
Kegiatan Inti
Melakukan percobaan dengan menggunakan media bilangan, pengamatan, analisis dan diskusi untuk dapat menentukan faktor prima suatu bilangan
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya

VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 A Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
4. Bilangan
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
Uraian




Contoh Instrumen
1. Dengan menggunakan tabel carilah faktor prima dari 32 dan 45!
2. Dengan menggunakan pohon faktor carilah faktor prima dari 84 dan 180!

……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 34 - 35
Alokasi waktu : 4 x 35 menit


Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah

I. Kompetensi Dasar : Menentukan kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)

II. Indikator :
1. Menentukan KPK dua bilangan
2. Mencari FPB dua bilangan
3. Menentukan FPB dan KPK dari dua bilangan dengan menggunakan faktor prima

III. Tujuan Pembelajaran :
1. Menentukan KPK dua bilangan
2. Mencari FPB dua bilangan
3. Menentukan FPB dan KPK dari dua bilangan dengan menggunakan faktor prima
IV. Materi Ajar : FPB dan KPK

V. Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mengulang materi sebelumnya untuk mengingatkan siswa.
Kegiatan Inti
1. Melakukan diskusi untuk dapat menentukan KPK dan FPB dua bilangan dari faktorisasi prima
2. Melakukan latihan dengan fasilitas soal-soal

Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 A Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
1sian
Contoh Instrumen
1. Tentukan KPK dari 12 dan 18!
2. Tentukan FPB dari 24 dan 42!
3. tentukan FPB dan KPK dari 84 dan 140!
4.
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 36 - 37
Alokasi waktu : 3 x 35 menit

Standar Kompetensi : Memahami dan menggunakan faktor dan kelipatan dalam pemecahan masalah
I. Kompetensi Dasar : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan KPK dan FPB
II. Indikator :
1. Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dapat diselesaikan dengan FPB dan KPK
2. Membedakan soal ceritra yang dapat diselesaikan dengan FPB dan KPK
3. Menyelesaikan soal ceritra yang berhubungan dengan FPB dan KPK
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Memberi contoh kegiatan sehari-hari yang dapat diselesaikan dengan FPB dan KPK
2. Membedakan soal ceritra yang dapat diselesaikan dengan FPB dan KPK
3. Menyelesaikan soal ceritra yang berhubungan dengan FPB dan KPK
IV. Materi Ajar : FPB dan KPK
V. Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Melakukan tanya jawab tentang materi KPK dan FPB.
Kegiatan Inti
1. Melakukan study kasus terhadap kegiatan sehari-hari yang berkaitan dengan FPB & KPK, pengamatan, analisis dan diskusi untuk dapat menentukan kegiatan yang bisa diselesaikan dengan KPK dan FPB.
2. Melakukan percobaan dengan menggunakan media mainan anak, pengamatan, analisis data dan diskusi untuk dapat menentukan kelipatan dan faktor suatu bilangan
3. Melakukan latihan dengan fasilitas soal-soal
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 A Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
4. Mainan anak
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
1sian
Contoh Instrumen
1. Bel A berbunyi setiap 12 menit sekali, bel B berbunyi setiap 18 menit sekali, setelah berapa menit kedua bel tersebut akan berbunyi bersamaan?
2. Pak Ijo memiliki 32 bakso dan 48 siomay. Jika ingin dimasukan kedalam mangkok dengan jumlah masing-masing sama banyak, berapa mangkok yang diperlukan, pada setiap mangkok terdiri dari berapa bakso dan berapa siomay?

……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 38 - 40
Alokasi waktu : 5 x 35 menit

Standar Kompetensi : Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Menentukan besar sudut dengan satuan tidak baku dan satuan derajat
1. Indikator :
1. Menentukan sudut lancip, tumpul dan siku-siku dari bangun datar dan bangun sekitar
2. Menentukan nama sudut
3. Mengukur besar sudut
4. Membandingkan besar dua sudut
5. Mengenal sudut siku-siku dengan menggunakan empat arah mata angin
6. Menentukan besar sudut satu putaran, setengah putaran, dan seperempat putaran dalam satuan derajat
2. Tujuan Pembelajaran :
1. Menentukan sudut lancip, tumpul dan siku-siku dari bangun datar dan bangun sekitar
2. Menentukan nama sudut
3. Mengukur besar sudut
4. Membandingkan besar dua sudut
5. Mengenal sudut siku-siku dengan menggunakan empat arah mata angin
6. Menentukan besar sudut satu putaran, setengah putaran, dan seperempat putaran dalam satuan derajat
3. Materi Ajar : Sudut

4. Metode Pembelajaran : Percobaan, Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, dan Latihan
5. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mendengarkan cerita lucu yang berhubungan dengan sudut
Kegiatan Inti
1. Melakukan percobaan dengan menggunakan media segi tiga dan busur derajat, pengukuran, pengamatan, analisis dan diskusi untuk dapat menentukan jenis sudut (lancip, tumpul dan siku-siku)
2. Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
6. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 A Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
4. Segi tiga
5. Benda sekitar yang memiliki sudut


7. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes

Bentuk
1sian

Contoh Instrumen
1. Tentukan jenis sudut pada gambar dibawah!




2. Tentukan nama masing masing sudut pada bangun dibawah!





3. Tentukan besar sudut bangun dibawah dengan menggunakan busur derajat!






4. Besar sudut dua putaran penuh adalah ... o


……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 41 - 43
Alokasi waktu : 5 x 35 menit

Standar Kompetensi : Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah

I. Kompetensi Dasar : Menentukan hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat
II. Indikator : Menentukan kesetaraan antar satuan panjang, waktu, dan berat
III. Tujuan Pembelajaran : Menentukan kesetaraan antar satuan panjang, waktu, dan berat
IV. Materi Ajar : hubungan antar satuan waktu, antar satuan panjang, dan antar satuan berat

V. Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, Latihan

VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Memberikan games menarik untuk membangkitkan semangat belajar siswa.
Kegiatan Inti
1. Melakukan percobaan dengan menggunakan media meteran, jam dinding, dan kiloan, pengamatan, analisis dan diskusi untuk dapat menentukan kesetaraan antar satuan panjang, waktu, dan berat
2. Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 A Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
4. Alat ukur (meteran, kiloan dan jam dinding)
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
1sian






Contoh Instrumen
1. 2 hm = ... dm
2. 7 dam = ... dm = ... mm
3. 1 jam = ... menit = ... detik
4. 2 dag = ... kg = ... dg
5. dst.


……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 44
Alokasi waktu : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi : Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah

I. Kompetensi Dasar : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan waktu, panjang dan berat
II. Indikator : Menggunakan kesetaraan satuan dalam perhitungan
III. Tujuan Pembelajaran : Menggunakan kesetaraan satuan dalam perhitungan
IV. Materi Ajar : Satuan waktu, panjang dan berat
V. Metode Pembelajaran : Diskusi, dan latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Memberikan games menarik untuk membangkitkan semangat belajar siswa.
Kegiatan Inti
Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 A Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
1sian
Contoh Instrumen
1. 2 jam + 60 menit = ... detik
2. 7 dam + 15 dm = ... m
3. 2 kg – 50 dag = ... g


……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 45
Alokasi waktu : 2 x 35 menit

Standar Kompetensi : Menggunakan pengukuran sudut, panjang, dan berat dalam pemecahan masalah

I. Kompetensi Dasar : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan kuantitas
II. Indikator :
1. Menentukan kesetaraan antar satuan kuantitas
2. Menggunakan kesetaraan satuan kuantitas dalam perhitungan
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Menentukan kesetaraan antar satuan kuantitas
2. Menggunakan kesetaraan satuan kuantitas dalam perhitungan
IV. Materi Ajar : Satuan kuantitas

V. Metode Pembelajaran : Percobaan, Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, dan Latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang sudut.
Kegiatan Inti
1. Melakukan percobaan dengan menggunakan media kubus mainan, pengamatan, analisis dan diskusi untuk dapat menentukan kesetaraan antar satuan kuantitas
2. Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 A Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
1sian
Contoh Instrumen
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika



…………………………………………. ……………………………….…………….

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 46 - 48
Alokasi waktu : 5 x 35 menit

Standar Kompetensi : Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah
I. Kompetensi Dasar : Menentukan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga
II. Indikator :
1. Mengenal dan menemukan rumus keliling jajargenjang
2. Mengenal dan menemukan rumus keliling segitiga
3. Mengenal dan menemukan rumus luas jajargenjang
4. Mengenal dan menemukan rumus luas segitiga
5. Menyelesaikan soal yang berhubungan dengan keliling dan luas jajargenjang
6. Menyelesaikan soal yang berhubungan dengan keliling dan luas segitiga
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Mengenal dan menemukan rumus keliling jajargenjang
2. Mengenal dan menemukan rumus keliling segitiga
3. Mengenal dan menemukan rumus luas jajargenjang
4. Mengenal dan menemukan rumus luas segitiga
5. Menyelesaikan soal yang berhubungan dengan keliling dan luas jajargenjang
6. Menyelesaikan soal yang berhubungan dengan keliling dan luas segitiga
IV. Materi Ajar : luas dan keliling bangun datar
V. Metode Pembelajaran : Percobaan, Diskusi, Tanya Jawab, Ekspositori, dan Latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Melakukan tanya jawab dan diskusi tentang bangun datar.
Kegiatan Inti
1. Melakukan percobaan dengan menggunakan media bangun yang berbentuk jajar genjang dan segi tiga, pengamatan, analisis dan diskusi untuk dapat menentukan rumus keliling dan luas jajar genjang serta segitiga
2. Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 A Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
4. Bangun yang berbentuk jajar genjang dan segi tiga

VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes

Bentuk
1sian

Contoh Instrumen
1. Tentukan rumus luas dan keliling bangun dibawah!















2. Hitunglah luas dan keliling bangun diatas!
3. dst.

……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….


























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /1 (satu)
Pertemuan ke : 49 51
Alokasi waktu : 5 x 35 menit

Standar Kompetensi : Menggunakan konsep keliling dan luas bangun datar sederhana dalam pemecahan masalah

I. Kompetensi Dasar : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan keliling dan luas jajargenjang dan segitiga
II. Indikator :
1. Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling dan luas jajargenjang
2. Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling dan luas segitiga
III. Tujuan Pembelajaran :
1. Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling dan luas jajargenjang
2. Menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling dan luas segitiga
IV. Materi Ajar : luas dan keliling bangun datar
V. Metode Pembelajaran : Diskusi, Tanya Jawab, dan Latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran :
Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi
Mendengarkan ceritra menarik yang berhubungan dengan keliling dan luas segitiga dan jajargenjang
Kegiatan Inti
Melakukan diskusi dan latihan dengan fasilitas soal-soal
Kegiatan Akhir
1. Menyimpulkan materi
2. Mengevaluasi kegiatan pembelajaran
3. Memberikan pekerjaan rumah dan menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 4 M.Khafid, Sutati Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV Zaini.M.Sani dan Siti.M.Amin 4 A Esis
3. Matematika Progesif Teks Utama SD Kelas 4 Munawati Fitriyah Widya Utama
VIII. Penilaian
Teknik
Tes dan non tes
Bentuk
1sian










Contoh Instrumen
1. Sebuah tanah berbentuk segitiga dengan panjang 50 m dan lebar 30 m berapa m2 luas tanah tersebut?
2. Adik berlari mengelilingi sebuah lapang yang berbentuk jajar genjang sebanyak satu putaran. Jika panjangnya 25 m dan sisi miringnya 15 m, sudah menempuh berapa meterkah Adi berlari?







……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika




…………………………………………. ……………………………….…………….

0 komentar: