"

Minggu, 26 Juni 2011

RPP tematik kelas III sekolah dasar

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Tema : Lingkungan

Kelas / Semester : III / I

Tahun Ajaran :

Alokasi Waktu : 2 Minggu

A. STANDAR KOMPETENSI

PKn

· Mengamalkan makna Sumpah Pemuda

IPS

· Memahami lingkungan dan melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah

Bahasa Indonesia

· Mendengarkan

· Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang dilisankan

· Berbicara

· Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk dengan bercerita dan memberikan tanggapan/ saran

Matematika

· Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

IPA

· Memahami ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup

PAI

· Mengenal kalimat dalam Al-Qur’an

SBK

· Mengapresiasi Karya Seni rupa

PENJAS

· Mempraktikkan berbagai kombinasi gerak dasar melalui permainan dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya

B. SUNDA

· Mampu membaca, memahami, serta menangga berbagai bentuk dan jenis

· Wacana tulis dengan membaca intensif, membaca nyaring serta membaca puisi

B. INGGRIS

· Memahami instruksi sangat sederhana dengan tindakan dalam konteks sekolah

B. KOMPETENSI DASAR

PKn

· Mengamalkan makna satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa

· Mengamalkan nilai-nilai Sumpah Pemuda dalam kehidupan sehari-sehari

· Menceritakan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah dan sekolah

· Membuat denah dan peta lingkungan rumah dan sekolah

· B. Indonesia

· Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan secara lisan

· Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara lisan

· Menceritakan pengalaman yang mengesankan dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah dipahami

· Matematika

· Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka

IPA

· Mengidentifikasi ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup

· Mendeskripsikan perubahan yang terjadi pada makhluk hidup dan hal- hal yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak (makanan, kesehatan, rekreasi, dan olah raga)

PAI

· Membaca kalimat dalam Alquran

SBK

· Membuat karya seni rupa

PENJAS

· Mempraktikkan kombinasi berbagai pola gerak jalan dan lari dalam permainan sederhana, serta aturan dan kerja sama

· Mempraktikkan kombinasi berbagai gerak mengayun, membungkuk dan menekuk dalam permainan sederhana serta aturan, dan kerja sama

Bahasa. Sunda

· Membaca dalam hati ( membaca intensif ).

Bahasa Inggris

· Merespon dengan melakukan tindakan sesuai instruksi secara berterima .

C. INDIKATOR

PKn

· Mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan Bangsa

· Menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara

· Menyebutkan lima tokoh pemuda yang ikut Kongres Pemuda

· Mengidentifikasikan pengamalan nilai-nilai Sumpah Pemuda di lingkungan rumah

IPS

· Mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar

· Menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan

· Menjelaskan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan

· Membuat denah rumah siswa dengan menentukan arah mata anginnya

IPA

· Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

· Mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup

· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan bijinya

· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan akarnya

· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan batangnya

· Menggolongkan tumbuhan berdasarkan daunnya

· Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan hewan

· Menyebutkan ciri-ciri pertumbuhan tumbuhan

Matematika

· Menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluhan, satuan)

· Menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan

· Melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan

· Melakukan operasi penjumlahan dengan menyimpan

· Melakukan operasi pengurangan tanpa meminjam

· Melakukan operasi pengurangan dengan meminjamIndonesia

· Menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu

· Membuat pertanyaan tentang cara menggunakan

· Menyebutkan nama dan sifat tokoh dalam cerita binatang

· Memberikan tanggapan dan alasan tentang tokoh cerita binatang

· Menceritakan peristiwa alam melalui pengamatan gambar

PAI

· Membaca kalimat dalam Alquran

SBK

· Mengidentifikasi simbol dalam karya seni rupa

· Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi

· Menentukan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi

· Membedakan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi

PENJAS

· Jalan ditempat

· Permainan mengajak teman

· Berjalan bergandengan tangan

· Berjalan di atas balokPermainan bandul jam

· Melakukan gerakan membungkuk permainan bola beranting

· Melakukan membungkuk

Bahasa. Sunda

· Neangan harrti kecap-kecap penting tina eta bacaan.

· Ngalengkapan kalimah ku jawaban nu larap/ luyu.

· Ngajawab pananya nu eusina aya patalina jeung bacaan .

· Nyindekkaeun eusi wacana.

· Nyieun ringkasan tina eusi wacana

Bahasa Inggris

· Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar

· Merespon dengan menjawab instruksi yang didengar.

I. TUJUAN PEMBELAJARAN

PKn

· Siswa dapat mengklasifikasi dan membuat daftar tindakan yang dapat mempersatukan bangsa

· Siswa dapat menyebutkan nama organisasi pemuda di nusantara

IPS

· Siswa dapat mengidentifikasikan kenampakan alam dan kenampakan buatan di lingkungan sekitar

· Siswa dapat menjelaskan manfaat kenampakan alam bagi kehidupan

IPA

· Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk hidup

· Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri makhluk tak hidup

Matematika

· Siswa dapat menulis bilangan secara panjang (ribuan, ratusan, puluha satuan)

· Siswa dapat menentukan nilai tempat sampai dengan ribuan

· Siswa dapat melakukan operasi penjumlahan tanpa menyimpan

Bahasa Indonesia

· Siswa dapat menjelaskan petunjuk membuat alat pengukur debu

· Siswa dapat membuat pertanyaan tentang cara menggunakan

PAI

· Siswa dapat melafalkan huruf-huruf Alquran melalui kalimat dengan benar

· Siswa dapat melafalkan kalimat dalam Alquran dengan benar sesuai harakat dan makhraj

SBK

· Siswa dapat mengidentifikasi simbol dalam karya seni rupa

· Siswa dapat menjelaskan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi

· Siswa dapat menentukan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi

· Siswa dapat membedakan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi

PENJAS

· Jalan ditempatBerjalan bergan dengan tangan

· Berjalan di atas balokPermainan bandul jam

· Melakukan gerakan membungkuk

· Permainan bola beranting

Bahasa Sunda

· Siswa dapat menyebutkan sinonim dari kata-kata penting dalam bacaan.

· Siswa dapat melengkapi kalimat dengan jawaban yang sesuai.

· Siswa dapat menjawab pertanyaan dari bacaan.

· Siswa dapat membuat ringkasan dari isi bacaan.

Bahasa Inggris

· Siswa dapat memperagakan instruksi-instruksi yang didengar dengan benar

· Siswa dapat menjawab instruksi yang didengar

· Siswa dapat membuat gambar

II. MATERI POKOK

PKn

· Makna satu nusa, satu bangsa, dan satu bahasa

IPS

· Kerja sama di lingkungan rumah

IPA

· Ciri-ciri dan kebutuhan makhluk hidup dan tak hidup.

· Perubahan pada makhluk hidup

· Sifat-sifat benda

Matematika

· Garis bilangan

· Penjumlahan dan pengurangan

· Perkalian dan pembagian

· Uang

· Alat ukur

· Hubungan antar satuan waktu, panjang dan berat.

Bahasa Indonesia.

· Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan.

· Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak.

· Menceritakan pengalaman yang mengesankan.

· Memberikan tanggapan dan saran sederhana.

· Menjelaskan isi teks.

PAI

· Membaca kalimat dalam Al Qur’an

SBK

· Simbol seni rupa dua dimensi

PENJAS

· Jalan ditempat

Bahasa Sunda

· Teks basajan

Bahasa Inggris

· Hewan dan Tumbuhan

III. METODE PEMBELAJARAN

· Informasi

· Diskusi

· Tanya jawab

· Demontrasi

· Pemberian tugas

· Pengamatan

IV. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

A. Kegiatan Awal

· Mengisi daftar kelas, berdo’a , mempersiapkan materi ajar, model dan alat peraga.

· Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat.

· Mengajukan beberapa pertanyaan materi minggu yang lalu

B. Kegiatan Inti

Minggu I

IPA

· Siswa diminta membedakan makhluk hidup dan makhluk tak hidup

· Guru menjelaskan ciri-ciri makhluk hidup dan makhluk tak hidup

· Siswa mengamati dan mencatat ciri-ciri makhluk hidup

PKn

· Siswa mencatat kegiatan sehari-hari yang mempersatukan bangsa

· Menjelaskan pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa

Matematika

· Menjelaskan cara panjang penulisan bilangan

· Menguji keterampilan siswa dengan menguraikan bilangan

Bahasa Indonesia

· Siswa mendengarkan petunjuk cara mendeteksi udara sekitar

· Guru menjelaskan cara menggunakan alat pengukur debu

IPS

· Tanya jawab dengan siswa mengenai apa yang dilihat di lingkungan sekitar

· Mengajak siswa mengamati gambar sungai, danau, laut, gunung, lembah dan pegunungan

PAI

· Siswa belajar membaca Al Qur’an dengan bimbingan guru

SBK

· Mengidentifikasi simbol dalam karya seni rupa

· Menjelaskan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi

PENJAS

· Jalan ditempat

· Permainan mengajak teman

· Berjalan bergandengan tangan

Bahasa Sunda

· Neangan harrti kecap- kecap penting tina eta bacaan.

· Ngalengkapan kalimah ku jawaban nu larap/ luyu.

· Ngajawab pananya nu eusina aya patalina jeung bacaan

Bahasa Inggris

· Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar

· Merespon dengan menjawab instruksi yang didengar

Minggu II

IPA

· Guru menjelaskan penggolongan tumbuhan berdasarkan batangnya

· Siswa mencatat nama-nama tumbuhan berdasarkan penggolongan batangnya dalam bentuk tabel

PKn

· Guru menjelaskan bahwa Indonesia terdiri dari beberapa suku

· Menyebutkan organisasi pemuda tiap-tiap daerah di nusantara

· Menjelaskan bahwa persatuan merupakan sumber kekuatan

Matematika

· Guru menjelaskan penjumlahan dua bilangan dengan teknik menyimpan

· Guru menguji keterampilan siswa dengan soal penjumlahan dua bilangan

· Membahas soal yang tela dikerjakan siswa

Bahasa Indonesia

· Guru menjelaskan cara menanggapi sifat-sifat tokoh dalam cerita

· Guru menjelaskan cara menyanggah sebuah pernyataan

IPS

· Menyebutkan contoh yang termasuk kenampakan buatan

· Menyebutkan manfaat kenampakan buatan bagi kehidupan

PAI

· Siswa belajar membaca Al Qur’an dengan bimbingan guru

SBK

· Menentukan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi

· Membedakan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi

PENJAS

· Siswa belajar Berjalan di atas balok

· Siswa belajar Permainan bandul jam

· Siswa belajar Melakukan gerakan membungkuk permainan bola beranting

· Siswa belajar Melakukan jalan membungkuk

Bahasa Sunda

· Nyindekkaeun eusi wacana.

· Nyieun ringkasan tina eusi wacana

Bahasa Inggris

· Merespon dengan memperagakan instruksi-instruksi yang didengar

· Merespon dengan menjawab instruksi yang didengar

V. ALAT DAN SUMBER BELAJAR

Sumber belajar

· Buku Pendidikan Kewarganegaraan

· Buku IPA

· Buku Matematika

· Buku Bahasa

· IndonesiaBuku IPS

· Buku PAIBuku SBK

· Buku PENJAS

· Buku Bahasa Sunda

· Buku Bahasa Inggris

· Eksiklopedia

· Kamus Bahasa Indonesia

· Pedoman EYD

· Koran dan majalah

· Media elektronik

Alat Peraga

· Gambar kenampakan alam

· Gambar kenampakan buatan

· Gambar peristiwa alam

· Teks cerita binatang

VI. PENILAIAN

1. Teknik Tes

Tes dan non tes

2. Bentuk Tes

Lisan:

1. Keberanian menjawab atau menyampaikan pendapat

2. Ketepatan jawaban

3. Keseriusan dan konsentrasi dalam menyimak pertanyaan

Tertulis:

1. Isian

2. Pilihan Ganda

3. Uraian

4. Tes perbuatan

3. Instrumen Tes

1.Lembar observasi

Mengetahui

Kepala Sekolah

SDN Pusakajaya Selatan II

A I

NIP. 19850529 201001 1 012

Cilebar,………………….20

Guru Kelas

AHMAD SATHIRI

NIP. 19850529 201001 1 012

Read more »