RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
KELAS IV
SEMESTER 2
Mata Pelajaran : Matematika
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 1
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
BILANGAN
Standar Kompetensi
Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor, kelipatan, bilangan bulat dan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan sehari-hari.
I. Kompetensi Dasar :
Mengenal kelipatan dan faktor bilangan
II. Indikator
Menentukan kelipatan suatu bilangan
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat menentukan kelipatan suatu bilangan.
IV. Materi Ajar
Kelipatan suatu bilangan
V. Metoda Pembelajaran
1. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Melakukan game yang berhubungan dengan kelipatan bilangan
Mengingat kembali proses perkalian sebagai modal dasar untuk menentukan kelipatan suatu bilangan
Kegiatan Inti
1. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang konsep kelipatan suatu bilangan
2. Mengeksposisi konsep kelipatan suatu bilangan
3. Tanya jawab
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
2. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, Esis.
VIII. Penilaian
Teknik
Tes
Bentuk
Isian
Instrumen
Contoh :
1. Bilangan-bilangan kelipatan 7 yang kurang dari 50 adalah ...
2. Bilangan-bilangan kelipatan 3 yang terletak antara 20 dan 50 adalah ...
3. Banyaknya bilangan kelipatan 10 yang terletak antara 25 dan 100 adalah ...
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 2
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi
Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor, kelipatan, bilangan bulat dan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan sehari-hari.
I. Kompetensi Dasar
Mengenal kelipatan dan faktor bilangan
II. Indikator
Menentukan kelipatan persekutuan dua bilangan
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat menentukan kelipatan persekutuan dari dua bilangan.
IV. Materi Ajar
Kelipatan persekutuan dua bilangan
V. Metoda Pembelajaran
1. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengingat kembali konsep kelipatan suatu bilangan
Melakukan game yang berhubungan dengan kelipatan persekutuan dari dua bilangan
Kegiatan Inti
1. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang konsep kelipatan persekutuan dari dua bilangan
2. Mengeksposisi konsep kelipatan persekutuan dari dua bilangan
3. Tanya jawab
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
2. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
VIII. Penilaian
Teknik
Tes
Bentuk
Isian
Instrumen
Contoh :
1. Kelipatan persekutuan 4 dan 6 yang kurang dari 30 adalah ...
2. Bilangan manakah yang terletak antara 40 dan 60 dan merupakan kelipatan persekutuan 6 dan 4 ?
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 3
Alokasi waktu : 1 x 35 menit
Standar Kompetensi
Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor, kelipatan, bilangan bulat dan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan sehari-hari.
I. Kompetensi Dasar
Mengenal kelipatan dan faktor bilangan
II. Indikator
Menentukan kelipatan dari suatu bilangan
Menentukan kelipatan persekutuan dari dua bilangan
III. Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat menentukan kelipatan dari suatu bilangan.
2. Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat menentukan kelipatan persekutuan dari dua bilangan.
IV. Materi Ajar
Kelipatan suatu bilangan dan kelipatan persekutuan dua bilangan
V. Metoda Pembelajaran
1. Intensifikasi pengerjaan soal-soal latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengingat kembali konsep kelipatan bilangan dan kelipatan persekutuan dua bilangan
Kegiatan Inti
Pemberian soal-soal latihan
Kegiatan Akhir
1. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
2. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
VIII. Penilaian
Teknik
Tes
Bentuk
Isian
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 4
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi
Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor, kelipatan, bilangan bulat dan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan sehari-hari.
I. Kompetensi Dasar
Mengenal kelipatan dan faktor bilangan
II. Indikator
Menentukan ciri-ciri bilangan yang habis dibagi 2, 3, 4, dan 5
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat menentukan ciri-ciri bilangan yang habis dibagi 2, 3, 4, dan 5
IV. Materi Ajar
Mengenal ciri-ciri bilangan yang habis dibagi 2, 3, 4 dan 5
V. Metoda Pembelajaran
1. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengingat kembali proses pembagian sebagai modal dasar menentukan faktor dari suatu bilangan
Kegiatan Inti
1. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang ciri-ciri bilangan yang habis dibagi 2, 3, 4 dan 5
2. Mengeksposisi ciri-ciri bilangan yang habis dibagi 2, 3, 4, dan 5
3. Tanya jawab
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
2. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
VIII. Penilaian
Teknik
Tes
Bentuk
Isian
Instrumen
Perhatikan kelompok bilangan di bawah ini !
20 456 5.926 28 272 475 1.230
a) Tulislah bilangan yang habis dibagi 2 !
b) Tulislah bilangan yang habis dibagi 3 !
c) Tulislah bilangan yang habis dibagi 4 !
d) Tulislah bilangan yang habis dibagi 5 !
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 5
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi
Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor, kelipatan, bilangan bulat dan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan sehari-hari.
I. Kompetensi Dasar
Mengenal kelipatan dan faktor bilangan
II. Indikator
Menentukan faktor dari suatu bilangan
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat menentukan faktor dari suatu bilangan.
IV. Materi Ajar
Menentukan faktor dari suatu bilangan
V. Metoda Pembelajaran
1. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengingat kembali proses pembagian sebagai modal dasar menentukan faktor dari suatu bilangan
Kegiatan Inti
1. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang konsep faktor suatu bilangan
2. Mengeksposisi tentang konsep faktor suatu bilangan
3. Tanya jawab
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
2. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
VIII. Penilaian
Teknik
Tes
Bentuk
Isian
Instrumen
Faktor dari 32 adalah ...
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 6
Alokasi waktu : 1 x 35 menit
Standar Kompetensi
Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor, kelipatan, bilangan bulat dan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan sehari-hari.
I. Kompetensi Dasar
Mengenal kelipatan dan faktor bilangan
II. Indikator
Menentukan faktor persekutuan dari dua bilangan
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat menentukan faktor persekutuan dari dua bilangan.
IV. Materi Ajar
Menentukan faktor persekutuan dua bilangan
V. Metoda Pembelajaran
1. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengingat kembali konsep faktor dari suatu bilangan
Kegiatan Inti
1. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang konsep faktor persekutuan dari dua bilangan
2. Mengeksposisi tentang konsep faktor persekutuan dari dua bilangan
3. Tanya jawab
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
2. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
VIII. Penilaian
Teknik
Tes
Bentuk
Isian
Instrumen
1) Faktor persekutuan dari 16 dan 24 adalah …, ….., …., ….
2) Faktor persekutuan dari 12 dan 20 yang kurang dari 50 adalah …
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 7
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi
Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor, kelipatan, bilangan bulat dan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan sehari-hari.
I. Kompetensi Dasar
Mengenal kelipatan dan faktor bilangan
II. Indikator
- Mengenal bilangan prima menurut sifatnya
- Memberi contoh bilangan prima dan bukan bilangan prima
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat :
- mengenal bilangan prima menurut sifatnya
- memberi contoh bilangan prima dan bukan bilangan prima
IV. Materi Ajar
Bilangan prima
V. Metoda Pembelajaran
1. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengingat kembali konsep faktor dari suatu bilangan
Kegiatan Inti
1. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang pengertian dan sifat bilangan prima
2. Mengeksposisi pengertian dan sifat-sifat bilangan prima
3. Tanya jawab
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
2. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
VIII. Penilaian
Teknik
Tes
Bentuk
Isian
Instrumen
1) Faktor prima dari 42 adalah ...
2) Tentukanlah bilangan prima yang terletak antara 20 dan 50 !
3) Buatlah pohon faktor untuk 180, kemudian tentukan faktor-faktor primanya !
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 8
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi
Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor, kelipatan, bilangan bulat dan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan sehari-hari.
I. Kompetensi Dasar
Menyelesaikan masalah kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
II. Indikator
Menentukan Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari dua bilangan
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat menentukan nilai KPK dari dua bilangan
IV. Materi Ajar
Menentukan KPK dan FPB dari dua bilangan
V. Metoda Pembelajaran
1. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengingat kembali konsep kelipatan persekutuan dari dua bilangan dan faktor prima
Kegiatan Inti
1. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang mencari nilai KPK dengan menggunakan faktor prima
2. Mengeksposisi dalam mencari nilai KPK dengan menggunakan faktor prima
3. Tanya jawab
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
2. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
VIII. Penilaian
Teknik
Tes
Bentuk
Essay
Instrumen
1) Tuliskan faktorisasi prima dari 50 dan 60 !
2) Tentukan nilai KPK dari 24 dan 36 dengan menggunakan faktor prima !
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 9
Alokasi waktu : 1 x 35 menit
Standar Kompetensi
Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor, kelipatan, bilangan bulat dan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan sehari-hari.
I. Kompetensi Dasar
Menyelesaikan masalah kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
II. Indikator
Menentukan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dari dua bilangan
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat menentukan nilai FPB dari dua bilangan
IV. Materi Ajar
Menentukan KPK dan FPB dari dua bilangan
V. Metoda Pembelajaran
1. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengingat kembali konsep faktor persekutuan dari dua bilangan dan faktor prima
Kegiatan Inti
1. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang mencari nilai FPB dengan menggunakan faktor prima
2. Mengeksposisi dalam mencari nilai FPB dengan menggunakan faktor prima
3. Tanya jawab
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
2. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
VIII. Penilaian
Teknik
Tes
Bentuk
Essay
Instrumen
1) Tentukan nilai FPB dari 24 dan 25 !
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 10
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi
Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor, kelipatan, bilangan bulat dan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan sehari-hari.
I. Kompetensi Dasar
Menyelesaikan masalah kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
II. Indikator
- Menggunakan FPB dalam menyederhanakan pecahan
- Menggunakan KPK dalam penjumlahan atau pengurangan pecahan
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat :
- Menggunakan FPB dalam menyederhanakan pecahan
- Menggunakan KPK dalam penjumlahan atau pengurangan pecahan
IV. Materi Ajar
Menggunakan FPB dan KPK dalam perhitungan pecahan
V. Metoda Pembelajaran
1. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengingat kembali konsep KPK dan FPB
Mengingat kembali pengertian tentanng pecahan
Kegiatan Inti
1. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang cara menyederhanakan pecahan dengan menggunakan FPB
2. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang cara menjumlah dan mengurangkan pecahan dengan menggunakan KPK
3. Mengeksposisi tentang cara menyederhanakan pecahan dengan menggunakan FPB dan menjumlah dan mengurangkan pecahan dengan menggunakan KPK
4. Tanya jawab
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
2. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
VIII. Penilaian
Teknik
Tes
Bentuk
Isian
Instrumen
1) Bentuk pecahan paling sederhana dari adalah ... 2) + = ...
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 11
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi
Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor, kelipatan, bilangan bulat dan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan sehari-hari.
I. Kompetensi Dasar
Menyelesaikan masalah kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
II. Indikator
Memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB
IV. Materi Ajar
Menyelesaikan soal cerita
V. Metoda Pembelajaran
1. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengintensifikasi konsep tentang KPK dan FPB dalam permasalahan sehari-hari
Kegiatan Inti
1. Mengintensifikasi latihan menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan KPK dan FPB
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
2. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
VIII. Penilaian
Teknik
Tes
Bentuk
Essay
Instrumen
1) Dua buah lampu masing-masing menyala setiap 18 dan 24 detik. Pada detik ke berapa kedua lampu menyala bersama ?
2) Ibu membeli 48 buah jeruk dan 60 buah apel. Kemudian jeruk dan apel tersebut diletakkan di beberapa piring dengan isi sama banyak. Berapa piring seluruhnya ? Berapa isi masing-masing buah pada setiap piring ?
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 12
Alokasi waktu : 1 x 35 menit
Standar Kompetensi
Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor, kelipatan, bilangan bulat dan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan sehari-hari.
I. Kompetensi Dasar
Menyelesaikan masalah kelipatan persekutuan terkecil (KPK) dan faktor persekutuan terbesar (FPB)
II. Indikator
- Menentukan FPB dan KPK dari dua bilangan
- Memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat :
- menentukan FPB dan KPK dari dua bilangan
- memecahkan masalah sehari-hari yang berkaitan dengan KPK dan FPB
IV. Materi Ajar
FPB dan KPK
V. Metoda Pembelajaran
Intensifikasi soal-soal latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengingat kembali konsep KPK dan FPB
Kegiatan Inti
Pemberian soal-soal latihan
Kegiatan Akhir
1. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
VIII. Penilaian
Teknik
Tes
Bentuk
Isian dan Essay
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 13
Alokasi waktu : 3 x 35 menit
Standar Kompetensi
Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor, kelipatan, bilangan bulat dan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan sehari-hari.
I. Kompetensi Dasar
Menjelaskan arti pecahan dan urutannya
II. Indikator
- Menyatakan beberapa bagian dari keseluruhan ke bentuk pecahan
- Menyajikan nilai pecahan melalui gambar
- Menuliskan letak pecahan pada garis bilangan
- Membandingkan pecahan berpenyebut sama
- Mengurutkan pecahan berpenyebut sama
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat :
- menyatakan beberapa bagian dari keseluruhan ke bentuk pecahan
- menyajikan nilai pecahan melalui gambar
- menuliskan letak pecahan pada garis bilangan
- membandingkan pecahan berpenyebut sama
- mengurutkan pecahan berpenyebut sama
IV. Materi Ajar
1. Pengertian Pecahan
2. Perbandingan dan Urutan Pecahan
V. Metoda Pembelajaran
1. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
2. demonstrasi
3. ekspositori (menerangkan)
4. tanya jawab
5. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Demonstrasi sederhana tentang perbandingan/pecahan
Kegiatan Inti
1. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang pengertian pecahan
2. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang perbandingan dan urutan pecahan
3. Mengeksposisi tentang pengertian pecahan
4. Mengeksposisi tentang membandingkan pecahan dan mengurutkan pecahan
4. Tanya jawab
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
2. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
VIII. Penilaian
Teknik
Tes
Bentuk
Isian
Instrumen
1) Nilai pecahan dari gambar disamping adalah ...
2) Nilai pecahan yang tepat untuk mengisi titik-titik pada garis bilangan di samping adalah ...
3) .... Berilah tanda <, > atau = 4) Bila diurutkan dari yang terkecil , , , menjadi ..., ...., ...., ....
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 14
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi
Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor, kelipatan, bilangan bulat dan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan sehari-hari.
I. Kompetensi Dasar
Menyederhanakan dan mengenal berbagai bentuk pecahan
II. Indikator
- Menentukan pecahan-pecahan yang senilai dari suatu pecahan
- Menyederhanakan pecahan
- Menyatakan pecahan sebagai pembagian
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat :
- Menentukan pecahan-pecahan yang senilai dari suatu pecahan
- Menyederhanakan pecahan
- Menyatakan pecahan sebagai operasi pembagian
IV. Materi Ajar
Pecahan senilai
V. Metoda Pembelajaran
1. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengingat kembali konsep pecahan
Kegiatan Inti
1. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang pecahan yang senilai
2. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang penyederhanaan pecahan
3. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang pecahan sebagai operasi pembagian
4. Mengeksposisi tentang pecahan senilai, penyederhaan pecahan dan pecahan
sebagai pembagian
5. Tanya jawab
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
2. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
1. Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
2. Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
VIII. Penilaian
Teknik
Tes
Bentuk
Isian
Instrumen
1) Pecahan yang senilai dengan adalah ... 2) Bentuk paling sederhana dari adalah ... 3) Isilah ! = 3 : 7
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 15
Alokasi waktu : 1 x 35 menit
Standar Kompetensi
Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor, kelipatan, bilangan bulat dan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan sehari-hari.
I. Kompetensi Dasar
Menyederhanakan dan mengenal berbagai bentuk pecahan
II. Indikator
Menentukan nilai tempat pada pecahan desimal
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat menentukan nilai tempat pada pecahan desimal
IV. Materi Ajar
Pecahan Desimal
V. Metoda Pembelajaran
1. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengingat kembali konsep nilai tempat pada suatu bilangan
Kegiatan Inti
1. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang nilai tempat pada pecahan desimal
2. Mengeksposisi tentang nilai tempat pada pecahan desimal
3. Tanya jawab
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
2. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
VIII. Penilaian
Teknik
Tes
Bentuk
Isian
Instrumen
1) 1,24 dibaca ...
2) Nilai tempat angka 7 pada 0,57 adalah …
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 16
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi
Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor, kelipatan, bilangan bulat dan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan sehari-hari.
I. Kompetensi Dasar
Menyederhanakan dan mengenal berbagai bentuk pecahan
II. Indikator
Mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal dan persen
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat mengubah pecahan biasa ke bentuk desimal dan persen
IV. Materi Ajar
Pecahan Desimal
V. Metoda Pembelajaran
1. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengingat kembali konsep tentang nilai tempat pada suatu bilangan
Kegiatan Inti
1. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang mengubah pecahan biasa ke bentuk
desimal dan persen
2. Mengeksposisi tentang mengubah pecahan biasa ke bentukl desimal dan persen
3. Tanya jawab
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
2. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
VIII. Penilaian
Teknik
Tes
Bentuk
Isian
Instrumen
1) Bentuk pecahan desima dari adalah ... 2) Bentuk persen dari adalah …
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 17
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi
Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor, kelipatan, bilangan bulat dan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan sehari-hari.
I. Kompetensi Dasar
Menjumlah dan mengurang pecahan
II. Indikator
Melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat melakukan operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan berpenyebut sama
IV. Materi Ajar
Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan
V. Metoda Pembelajaran
1. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengingat kembali konsep tentang pecahan berpenyebut sama
Kegiatan Inti
1. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang operasi hitung penjumlahan dan
pengurangan pecahan berpenyebut sama
2. Mengeksposisi tentang operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan
berpenyebut sama
3. Tanya jawab
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
2. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
VIII. Penilaian
Teknik
Tes
Bentuk
Isian
Instrumen
1) Hasil dari + adalah ... 2) Hasil dari + + adalah … 3) Hasil dari – adalah ... 4) Hasil dari – – adalah ...
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Metematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 18
Alokasi waktu : 1 x 35 menit
Standar Kompetensi
Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor, kelipatan, bilangan bulat dan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan sehari-hari.
I. Kompetensi Dasar
Menjumlah dan mengurang pecahan
II. Indikator
Membulatkan pecahan desimal ke satuan terdekat
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat membulatkan pecahan desimal ke satuan terdekat
IV. Materi Ajar
Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Desimal
V. Metoda Pembelajaran
1. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengingat kembali konsep tentang pembulatan bilangan
Kegiatan Inti
1. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang pembulatan pecahan desimal sampai
ke satuan terdekat
2. Mengeksposisi tentang pembulatan pecahan desimal sampai ke satuan terdekat
4. Tanya jawab
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
2. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
VIII. Penilaian
Teknik
Tes
Bentuk
Isian
Instrumen
1) 2,7 dibulatkan menjadi …
2) 4,58 dibulatkan menjadi ...
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 19
Alokasi waktu : x 35 menit
Standar Kompetensi
Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor, kelipatan, bilangan bulat dan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan sehari-hari.
I. Kompetensi Dasar
Menjumlah dan mengurang pecahan
II. Indikator
Melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal
IV. Materi Ajar
Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Desimal
V. Metoda Pembelajaran
1. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
2. ekspositori (menerangkan)
3. tanya jawab
4. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengingat kembali konsep tentang pecahan desimal dan nilai tempat desimal
Kegiatan Inti
1. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang operasi penjumlahan dan
pengurangan pecahan desimal
2. Mengeksposisi tentang operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan desimal
3. Tanya jawab
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
2. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
VIII. Penilaian
Teknik
Tes
Bentuk
Isian
Instrumen
1) 0,22 + 0,3 = ...
2) 0,6 – 0,35 = …
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 20
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
Standar Kompetensi
Menentukan sifat-sifat operasi hitung, faktor, kelipatan, bilangan bulat dan pecahan serta menggunakannya dalam pemecahan sehari-hari.
I. Kompetensi Dasar
Menjumlah dan mengurang pecahan
II. Indikator
Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan penjumlahan dan pengurangan pecahan
IV. Materi Ajar
Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Desimal
V. Metoda Pembelajaran
Intensifikasi soal-soal latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Mengingat kembali konsep tentang operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan dan pecahan desimal
Kegiatan Inti
Pengerjaan soal-soal latihan
Kegiatan Akhir
1. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
2. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
VIII. Penilaian
Teknik
Tes
Bentuk
Essay
Instrumen
Bibi mempunyai 6,75 kg telur. Sebanyak 2,25 kg telur dibuat roti dan sisanya disimpan.
Berapa kg telur yang disimpan ?
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 21
Alokasi waktu : 1 x 35 menit
GEOMETRI dan PENGUKURAN
Standar Kompetensi
Melakukan pengukuran, menentukan sifat dan unsur bangun ruang, menentukan kesimetrian bangun datar serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
I. Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang sederhana
II. Indikator
Menyebutkan sifat-sifat bangun ruang : balok dan kubus
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat menyebutkan sifat-sifat bangun ruang : balok dan kubus
IV. Materi Ajar
Bangun Ruang
V. Metoda Pembelajaran
1. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
2. apersepsi
3. demontrasi
4. ekspositori (menerangkan)
5. tanya jawab
6. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Apersepsi
Demonstrasi
Kegiatan Inti
1. Melakukan pengamatan dan diskusi
2. Memberikan catatan deduktif-deskriptif tentang sifat-sifat bangun ruang : balok dan
kubus
3. Mengeksposisi tentang sifat-sifat bangun ruang : balok dan kubus
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
2. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
3. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
· Model rangka balok dan kubus
· Papan berpetak
VIII. Penilaian
Teknik
Tes
Bentuk
Isian
Instrumen
1) Banyak sisi yang dimiliki balok adalah...buah
2) Bangun ruang yang semua rusuknya sama panjang adalah …
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 22
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
GEOMETRI dan PENGUKURAN
Standar Kompetensi
Melakukan pengukuran, menentukan sifat dan unsur bangun ruang, menentukan kesimetrian bangun datar serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
I. Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang sederhana
II. Indikator
- Menyebutkan dan menggambar bangun sesuai sifat-sifat bangun ruang yang diberikan
- Menggambar dan membuat berbagai jaring-jaring kubus
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat :
- menyebutkan dan menggambar bangun sesuai sifat-sifat bangun ruang yang diberikan
- menggambar dan membuat berbagai jaring-jaring kubus
IV. Materi Ajar
Bangun Ruang
V. Metoda Pembelajaran
1. deduktif-deskriptif (meringkas uraian materi)
2. apersepsi
3. demontrasi
4. ekspositori (menerangkan)
5. tanya jawab
6. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Apersepsi
Demonstrasi
Kegiatan Inti
1. Melakukan pengamatan
2. Demonstrasi dalam menggambar bangun ruang balok dan kubus beserta jaring-
jaringnya
Kegiatan Akhir
1. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
2. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
· Model 3D balok dan kubus
· Papan berpetak
VIII. Penilaian
Teknik
Non Tes
Bentuk
Aplikasi
Instrumen
1) Gambarkanlah 3 buah balok dan kubus pada kertas berpetak !
2) Buatkanlah jaring-jaring balok dan kubus pada selembar kertas karton !
(masing-masing 3 buah dengan bentuk yang berbeda)
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 23
Alokasi waktu : 2 x 35 menit
GEOMETRI dan PENGUKURAN
Standar Kompetensi
Melakukan pengukuran, menentukan sifat dan unsur bangun ruang, menentukan kesimetrian bangun datar serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
I. Kompetensi Dasar
Menunjukkan benda-benda dan bangun datar yang simetris
II. Indikator
- Mengelompokkan dan memberi contoh bangundatar yang simetris dan tidak simetris
- Mengidentifikasi ciri bangun datar yang simetris
- Membuat bangun-bangun datar yang simetris
- Mengenal bangun datar yang tidak memiliki simetri
- Mengidentifikasi dan menggunakan garis simetri pada bangun datar sederhana
- Menunjukkan dan menggambar bangun datar (benda-benda) yang simetris
- Menentukan sumbu simetri suatu bangun datar
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat :
- Mengelompokkan dan memberi contoh bangundatar yang simetris dan tidak simetris
- Mengidentifikasi ciri bangun datar yang simetris
- Membuat bangun-bangun datar yang simetris
- Mengenal bangun datar yang tidak memiliki simetri
- Mengidentifikasi dan menggunakan garis simetri pada bangun datar sederhana
- Menunjukkan dan menggambar bangun datar (benda-benda) yang simetris
- Menentukan sumbu simetri suatu bangun datar
IV. Materi Ajar
Simetri dan Pencerminan
V. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi
2. demonstrasi
3. ekspositori (menerangkan)
4. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Apersepsi
Demonstrasi
Kegiatan Inti
1. Melakukan pengamatan
2. Demonstrasi dalam menentukan ciri-ciri simetri pada suatu bangun datar
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
1. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
2. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
· Model 2D persegi panjang, persegi, segitiga sama sisi
· Papan berpetak
VIII. Penilaian
Teknik
Non Tes
Bentuk
Aplikasi
Instrumen
1) Sebutkan dan gambarkan 4 buah bangun datar yang simetris !
2) Sebutkan dan gambarkan 3 buah bangun datar yang tidak simetris !
3) Gambarkan sumbu simetri pada bangun segitiga sama sisi !
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/semester : IV (Empat) /2 (dua)
Pertemuan ke : 24
Alokasi waktu : 1 x 35 menit
GEOMETRI dan PENGUKURAN
Standar Kompetensi
Melakukan pengukuran, menentukan sifat dan unsur bangun ruang, menentukan kesimetrian bangun datar serta menggunakannya dalam pemecahan masalah.
I. Kompetensi Dasar
Menunjukkan benda-benda dan bangun datar yang simetris
II. Indikator
Menggambar cerminan dari bangun datar sederhana
III. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat menggambar cerminan dari bangun datar sederhana
IV. Materi Ajar
Simetri dan Pencerminan
V. Metoda Pembelajaran
1. apersepsi
2. demonstrasi
3. ekspositori (menerangkan)
4. latihan
VI. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
Apersepsi
Demonstrasi
Kegiatan Inti
1. Melakukan pengamatan
2. Demonstrasi dalam melukis hasil pencerminan dari sebuah bangun datar
Kegiatan Akhir
1. Memberikan latihan soal
1. Memberikan soal Pekerjaan Rumah
2. Menutup pelajaran
VII. Alat/Bahan dan Sumber Belajar
· Buku Pelajaran Matematika Penekanan pada Berhitung untuk Sekolah Dasar Kelas 4, M.Khafid/Suyati, Erlangga.
· Matematika SD untuk Kelas IV 4B, Zaini.M.Sani/Siti M. Amin, ESIS.
· Papan berpetak
VIII. Penilaian
Teknik
Non Tes
Bentuk
Aplikasi
Instrumen
Lukislah hasil pencerminan bangun datar di bawah !
……………………,……….……………………….
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Matematika
…………………………………………. ……………………………….…………….