"

Kamis, 16 September 2010

budi pekerti


BUDI PEKERTI


A.         Tujuan dan Fungsi pendidikan Budi Pekerti

1.      Tujuan

      Pendidikan budi pekerti bertujuan untuk :
a.       Mendorong kebiasaan dan berprilaku peserta didik yang terpuji dan sejalan dengan nilai-nilai universal dan tradisi budaya bangsa yang religius.
a.       Menanamkan jiwa kepemimpinan dan tanggung jawab peserta didik sebagai penerus bangsa.                       
a.       Memupuk ketegaran dan kepekaan mental peserta didik  terhadap situasi sekitarnya, Sehingga tidak  
       terjerumus ke dalam prilaku yang menyimpan, baik secara individual maupun social.
b.       meningkatkan kemampuan untuk menghindari sifat-sifat tercela yang dapat merusak diri sendiri,otang
      lain, dan agama.

2.      Fungsi

Fungsi pendidikan budi pekerti bagi peserta didik meliputi :
a.      Pengembangan, yaituuntuk meningkatkan prilaku yang baik bagi peserta didik yang telah tertanam dalam lingkungan keluarga dan masyarakat.
b.      Penaluran, yaitu untuk membantu peserta didik yang memiliki bakat tertentu agar dapat berkembang dan bermanfaat secara optimal sesuai budaya bangsa.
c.       Perbaikan, yaitu untuk memperbaiki kesalahan, kekurangan, dan kelemahan peserta didik dalam berprilaku sehari-hari.
d.      Pencegahan, yaitu untuk mencegah prilaku negative yang tidak sesuai dengan ajaran agama dan   
                        budaya bangsa.
e.      Pembersihan, yaitu untuk membersihkan dari penyakit hati, seperti sombong, egois, iri, dengki,dan riya agar anak didik tumbuh dan berkembang sesuai dengan ajaran agama dan budaya bangsa.
f.        Penyariangan ( filter ),yaitu untuk menyaring budaya-budaya bangsa sendiri dan budaya bangsa lain yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budi pekerti. 

B.         Pengertian Budi Pekerti

            Budi pekerti berisi nilai-nilai prilaku yang akan diukur menurut kebaikan dan keburukannya melalui norma agma.norma hokum, norma tatakrama, dan sopan santun,norma budaya/adapt istiadat masyarakat. Budi pekerti akan mengidentifikasi perilaku positif yang diharapkan dapat terwujud dalam perbuatan, perkataan, pikiran, sikap, perasaan, dan kepribadian peserta didik.

0 komentar: